Melankolis?

apa itu melankolis???



keadaan pembawaan lamban , pendiam , murung , sayu , sedih , muram , raut wajahnya membuat orang lain merasa iba kepadanya

melankolis
dari katanya saja, melankolis bisa disimpulkan bahwa maksudnya adalah sedih/melow dan galau. menurut penafsiran kebanyakan orang, karakter melankolis dikenal sebagai karakter yang selalu sedih atau galau. benarkah begitu??? ah tidak juga, anda saja yang belum tau bagaimana karakter orang melankolis yang sesungguhnya. 
mungkin sebagian orang menyimpulkan orang melankolis itu "enggak banget" karena sifat mereka yang sering melow. padahal sesungguhnya orang melankolis itu adalah orang yang luar biasa , mereka unik. si sempurna, itulah julukan untuk orang-orang yang memiliki karakter ini. julukan ini diberikan untuk mereka karena para melankolis selalu menginginkan segala hal berjalan dengan baik. selain itu,  para melankolis juga seorang pendengar yang baik. walaupun mereka cenderung pendiam, tapi bukan berarti mereka acuh akan dunia di sekitarnya. mereka dapat menganalisa hal-hal disekelilingnya.

 orang  melankolis adalah orang yang serius dan tertutup, namun cerdas dan sangat kritis dalam berpikir. mereka dapat mengerjakan suatu hal dengan jauh lebih tekun. mereka memahami sesuatu setahap demi setahap, dan mereka menjalani sebagian besar hidupnya dengan sangat serius.
orang melankolis mempunyai pemikiran yang kritis. mereka mampu menganalisis suatu keadaan dengan jauh lebih baik. mereka memiliki kemampuan yang luar biasa dalam "melihat di balik layar" dan memahami apa yang sesungguhnya sedang terjadi. mereka bisa melihat hal-hal yang tidak terlihat oleh kebanyakan orang karena tingkat ketelitian dan ketajaman analisisnya. mereka adalah individu yang cakap. mereka tahu bahwa mereka tahu apa yang mereka ketahui. mereka meneliti fakta-fakta dan mengikutinya dengan sangat hati-hati. mereka melakukan perencanaan dan mengikuti rencana itu. moto mereka adalah : RENCANAKAN KERJA ANDA. KERJAKAN RENCANA ANDA
orang melankolis sangat berhati-hati, teliti, dan suka curiga. mereka tidak senang membuat kesalahan. mereka sangat berhati-hati sekali dan penuh perhitungan dalam segala hal yang mereka lakukan. bahkan, bila anda memberikan pujian yang tulus pun mereka tetap akan berpikir bahwa anda pasti mempunyai maksud tersembunyi di balik pujian anda tadi. 
orang melankolis menuntut "ikut aturan" . mereka taat mengikuti instruksi dengan seksama dan tidak mengerti mengapa orang lain tidak bisa melakukan hal yang sama. bagi mereka, semua orang sebaiknya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. 
dalam hal otoritas, tidak masalah bagi mereka untuk sekadar jadi pengikut asalkan mereka bisa senang dan tenang. mereka senang berada di sekeliling orang yang ramah dan terbuka. mereka tidak keberatan jika mereka tidak mendapat pujian atas apa yang telah mereka lakukan, tetapi mereka akan sangat marah apabila anda menyalahkan mereka atas kesalahan yang tidak mereka perbuat.
orang melankolis senang menjadi benar. bukan karena mereka merasa lebih baik dari pada orang lain, tetapi mereka hanya ingin menjadi benar, apalagi yang berhubungan dengan pekerjaan. bagi mereka "setiap pekerjaan yang layak dilakukan, layak untuk dilakukan dengan sebaik-baiknya". 
orang melankolis mempunyai perasaan yang halus. mereka tidak mau menyinggung perasaan orang lain. sebaliknya juga demikian, mereka tidak mau orang lain menyinggung perasaan mereka. bila seseorang membuat mereka marah dan orang itu tidak meminta maaf , maka orang melankolis akan menyimpan kemarahan dan dendam mereka untuk rentang waktu yang lama.

melankolis memang tidak pilih-pilih dalam berteman. dan tidak diragukan , jika melankolis akan cepat merasa nyaman dengan Plegmatis dan tidak segan untuk "membuka diri" dengan mereka.
walaupun mereka merasa nyaman berada di dekat para Plegmatis , ini bukan berarti mereka menjauh dari Koleris dan Sanguinis. dua watak ini juga mempengaruhi hidup mereka dengan penuh warna. melankolis tetap butuh Sanguinis dan Koleris dalam kehidupan mereka. sanguinis sebagai penyeimbang , antara pendiam (melankolis) dan cerewet (sanguinis). sedangkan melankolis butuh Koleris dalam persaingan, antara "si sempurna" dan "si ambisius".













(")>


 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar